• Kamis, 11 Agustus 2022

Waspada Cacar Monyet! Yuk, Simak Gejala dan Cara Pencegahannya

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:30 WIB
Cacar Monyet (Foto: Gorajuara/Pikiran Rakyat)
Cacar Monyet (Foto: Gorajuara/Pikiran Rakyat)

 

GORAJUARA - Saat ini dunia sedang di gemparkan oleh adanya virus baru, yaitu cacar monyet. Untuk itu kita harus waspada terhadap gejala yang muncul dan mungkin merupakan gejala dari cacar monyet. Selain itu, kita juga perlu melakukan pencegahan agar terhindar dari virus tersebut.

Cacar monyet merupakan suatu jenis penyakit zoonosis yang disebabkan oleh virus genus Orthopoxvirus famili Poxvridae.

Selain itu, cacar monyet juga merupakan jenis penyakit langka akibat infeksi virus yang ditularkan melalui binatang. Dinamakan cacar monyet karena telah ditemukan dua kasus seperti cacar pada kera di Denmark pada tahun 1958.

Baca Juga: Ide Lomba 17 Agustusan Untuk Anak Usia TK dan Balita

Hewan yang rentan terkena cacar monyet adalah monyet, kera besar, kera kecil, tupai, dan hewan jenis rodensia seperti kelinci putih, landak, dan lain lain. Namun sejauh ini belum ada laporan kasus cacar monyet pada anjing dan kucing.

Cacar monyet ini dapat tertular jika melakukan kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi penyakit tersebut. Bisa juga melalui gigitan atau cakaran dari hewan yang terinfeksi. Selain itu, cacar monyet juga dapat tertular jika kita mengonsumsi bahan yang terkontaminasi virus cacar monyet terutama pengolahan daging liar.

Virus cacar monyet ini bisa masuk melalui saluran pernapasan, kulit, selaput lendir seperti mata, mulut, dan hidung, serta melakukan kontak erat dengan orang yang terinfeksi virus cacar monyet.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Hari Ini, Jumat 5 Agustus 2022 Lengkap, Taurus: Jangan Bandingkan Suskesmu dengan Orang Lain

Halaman:

Editor: Buddy Wirawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tarik Tambang di Balik Catatan Sejarah Indonesia

Rabu, 10 Agustus 2022 | 22:30 WIB