• Jumat, 20 Mei 2022

SMA Negeri Jatinangor Tingkatkan Potensi dan Kompetensi Pendidik dan Peserta Didik Secara Maksimal

- Jumat, 17 Desember 2021 | 08:25 WIB
Chaeruddin Saleh, Plt. Kepala SMA Negeri Jatinangor (Foto: Gorajuara.com)
Chaeruddin Saleh, Plt. Kepala SMA Negeri Jatinangor (Foto: Gorajuara.com)

GORAJUARA - Menyinggung program khusus untuk menjadikan SMA Negeri Jatinangor lebih baik lagi, Chaeruddin Saleh, Plt. Kepala SMA Negeri Jatinangor 8 Juni 2021, menyebutkan, di antaranya pembenahan manajemen sekolah, dan penataan pendidik dan tenaga kependidikan baik dari aspek kualitas maupun kuantitas.

Selain itu, lanjut Chaeruddin, melakukan konsolidasi keluarga besar SMA Negeri Jatinangor untuk memiliki komitmen yang sama, dan utuh untuk memajukan, serta  meningkatkan kualitas SMA Negeri Jatinangor, baik dari aspek akademik maupun nonakademik.

Baca Juga: Sempat Membuat Podcast Bersama Laura Sebelum Meninggal, Raffi Ahmad Kantongi Izin Tayang dari Pihak Keluarga

“Peningkatan kualitas pembinaan peserta didik melalui beragam kegiatan yang dapat meningkatkan bakat, minat dan prestasi. Meningkatkan kerja sama dengan pihak perguruan tinggi untuk memfasilitasi peserta didik yang berminat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi,” katanya.

“Mengoptimalkan sarana dan prasarana yang ada dengan memperhitungkan ulang untuk menyesuaikan kapasitas peserta didik dengan ruang kelas yang tersedia,” tambah Chaeruddin.

Baca Juga: Takut Kehabisan Tiket Spiderman: No Way Home ? Cek Jadwalnya Sekarang!

Program unggulan yang diusung Chaeruddin di SMA Negeri Jatinangor adalah meningkatkan potensi dan kompetensi pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik secara optimal, serta maksimal. 

“Mengedepankan orientasi terhadap kemajuan lembaga dalam ikatan tekad yang utuh demi SMA Negeri Jatinangor yang lebih baik,” ujarnya.

Baca Juga: Mendiang Laura Anna Ternyata Mengidap Ulkus Dekubitus Usai Alami Kecelakaan

Dalam menanamkan pendidikan karakter terhadap peserta didik, menurut Chaeruddin, metode penanaman karakter yang paling ideal adalah memberi teladan baik terhadap setiap orang dan selalu menjadi yang terbaik dalam bersikap, bertutur kata, serta  berperilaku.

“Sehingga semua orang terutama peserta didik dapat meneladani sikap dan perilaku kita,” kata Nominator Seleksi PNS Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Omricon Ada di Indonesia, Gubernur Jabar Ridwan Kamil Dapat 3 Arahan dari Presiden
 
Menurut penyunting buku “Jejak Sejarah Sumedang Menggapai Insun Medali Insun Madangan”, karakter yang dikembangkan di SMA Negeri 1 Jatinangor, antara lain adalah disiplin dan taat terhadap aturan, menjaga kebersamaan diantara sesama rekan kerja, meningkatkan kerja sama dan mengedepankan keikhlasan dalam bekerja

Adapun program unggulan untuk bidang nonakademik yang dikembangkan, ungkap Chaeruddin, meliputi bidang seni budaya, dan olahraga.  “Dua potensi ini yang menjadi unggulan SMA Negeri Jatinangor selama ini,” ujarnya.

Bagi Chaeruddin salah menjadi Plt SMA Negeri Jatinangor adalah amanah yang harus dijalani dengan ikhlas demi kemajuan sekolah yang dikelolanya. Menurutnya, jika ditanya obsesi, pastinya bagaimana memajukan sekolah yang lebih berkembang lagi.

Baca Juga: Zaskia Gotik, Aneh Kenapa Rumah Tangganya Diseret-seret ke Gosip
 
SMA Negeri Jatinangor adalah sebagai salah satu sekolah besar dengan jumlah peserta didik di atas 1.200 peserta didik di wilayah Kabupaten Sumedang, maka hendaknya dapat menjadi rujukan prestasi baik akademik maupun  nonakademik bagi sekolah lain yang ada di Kabupaten Sumedang khususnya,” ujarnya.

Chaeruddin berharap,  semua komponen yang ada di  SMA Negeri Jatinangor, mulai dari unsur kepala sekolah, kasubbag TU dan staf,  wakil kepala sekolah dan staf, bendahara, operator, dewan guru dan peserta didik seluruhnya memiliki komitmen yang sama untuk memajukan SMA Negeri Jatinangor.

Artinya tambah Chaeruddin,  tanpa melihat dan membedakan latar belakang serta status pegawaian yang disandang, dan tidak ada dikotomi. Sehingga terjalin harmonisasi dalam hubungan kerja yang berimbas pada terciptanya suasana kerja yang nyaman.

Baca Juga: Situasi Tanggap Darurat Terkait Omicron, Pemerintah Minta Masyarakat Jangan Lakukan Ini

“Bila itu tercipta, maka insyaallah dapat menciptakan hasil lulusan yang berprestasi optimal dibarengi karakter yang unggul,” ucap Chaeruddin.

Amanat dan harapan bagi siapapun yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan di SMA Negeri Jatinangor, pinta Chaeruddin, tolong jaga kebersamaan, bulatkan tekad bersama seluruh unsur yang ada untuk memajukan dan meningkatkan prestasi disegala bidang.

“Kedepankan orientasi kerja untuk keluarga besar SMA Negeri Jatinangor yang lebih baik. Semoga,” pungkas Chaeruddin.***

Editor: Rusyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Profil Bupati Bogor Ade Yasin yang Kena OTT KPK

Rabu, 27 April 2022 | 20:51 WIB

Tanya Fauzan, Siswa SMAN 15 jadi Investor Saham

Rabu, 6 April 2022 | 14:21 WIB