• Selasa, 28 Juni 2022

Museum Sekolah SMA Negeri 1 Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa

- Sabtu, 16 April 2022 | 06:24 WIB
Kepala KCD Wilayah XII Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dr. Abur Mustikawanto, M.Ed., bersama Kepala SMA Negeri 1 Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Dr. Hj. Lely Qodar, M.Pd.,   dalam acara penyerahan penghargaan sertifikat dan plakat ‘Sekolah Praktik Baik Favorit Jawa Barat tahun 2021’. (Foto: Gorajuara.com/ist)
Kepala KCD Wilayah XII Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dr. Abur Mustikawanto, M.Ed., bersama Kepala SMA Negeri 1 Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Dr. Hj. Lely Qodar, M.Pd., dalam acara penyerahan penghargaan sertifikat dan plakat ‘Sekolah Praktik Baik Favorit Jawa Barat tahun 2021’. (Foto: Gorajuara.com/ist)

GORAJUARA - Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 1995 menyebutkan, Museum adalah lembaga, tempat penyimpanan, perawatan, pengamanan dan pemanfaatan benda-benda bukti materiil hasil budaya manusia.

Selain itu, alam dan lingkungannya guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian kekayaan budaya bangsa.

Sedangkan menurut Internasional Council of Museum (ICOM) dalam Pedoman Museum Indoneisa 2008, Museum adalah sebuah lembaga yang bersifat tetap, tidak mencari keuntungan, melayani masyarakat dan perkembangannya terbuka untuk umum.

Baca Juga: Aksi Heroik, Warga Palestina Balas Tembakan Polisi Israel dengan Sepatu dan Sandal

Memperoleh, merawat, menghubungkan dan memamerkan artefak-artefak perihal jati diri manusia dan lingkungannya untuk tujuan studi, pendidikan dan rekreasi.

Sejalan dengan peraturan di atas, maka kehadiran Museum Sekolah sebagai suatu lembaga yang mempunyai tugas untuk melakukan pembinaan dan pengembangan nilai budaya bangsa, serta meningkatkan kualitas Pendidikan Nasional.  

Berusaha untuk menghadirkan benda-benda yang bernilai sejarah, dan unik yang dapat dijadikan sebagai media belajar siswa dan masyarakat.

Baca Juga: SMP Negeri 2 Tanjungsari, Tekad 'Duta AKSI' Mewujudkan Sekolah Juara

Selain itu, kehadiran Museum Sekolah yang memiliki ciri educatif, innovatif dan creatif diharapkan dapat menjadi media untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di sekolah.

Halaman:

Editor: Rusyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Inspiratif Joyana, Anak Yatim Berprestasi

Kamis, 2 Juni 2022 | 19:39 WIB

Profil Bupati Bogor Ade Yasin yang Kena OTT KPK

Rabu, 27 April 2022 | 20:51 WIB

Tanya Fauzan, Siswa SMAN 15 jadi Investor Saham

Rabu, 6 April 2022 | 14:21 WIB