• Jumat, 20 Mei 2022

Hantarkan Lulusan SMA Negeri 1 Batujajar ke Jenjang Perguruan Tinggi dan Dunia Kerja

- Rabu, 1 Desember 2021 | 21:38 WIB
Kepala SMA Negeri 1 Batujajar, H. Muhammad Samsul Arifin, S.Pd.,M.Pd.                                (Foto: Gorajuara.com/Ahmad Fauzi Jaelani)
Kepala SMA Negeri 1 Batujajar, H. Muhammad Samsul Arifin, S.Pd.,M.Pd. (Foto: Gorajuara.com/Ahmad Fauzi Jaelani)

GORAJUARA - Teladan, religious, berwawasan lingkungan dan mampu berkompetisi di era global, itulah visi yang diterapkan di SMA Negeri 1 Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, setelah dikelola H. Muhammad Samsul Arifin, S.Pd.,M.Pd.

Tentu mimpi besar Muhammad Samsul Arifin yang baru menjabat Kepala SMA Negeri 1 Batujajar, sejak 16 Juli 2020,  bagaimana menghantarkan lulusan SMA Negeri 1 Batujajar mampu berkompetisi dalam memperebutkan perguruan tinggi favorit, dan merebut dunia kerja sesuai dengan misi sekolah.

Baca Juga: Do'a Untuk Kedua Orang Tua Baik yang Masih Ada maupun yang Sudah Meninggal

Menurut Samsul, selama dirinya menjabat Kepala SMA Negeri 1 Batujajar kurang lebih satu tahun 4 bulan, tentu banyak hal yang dilakukan, walaupun secara hasil belum maksimal.

Sehingga masih banyak hal hal yang perlu dipelajari lebih mendalam, kemudian dibuat programnya agar bisa diimplementasikan dengan baik.

Ketika pertama kali menginjakan kakinya di kampus SMA Negeri 1 Batujajar, kata Samsul, berdasarkan data yang ada, ternyata kualitas para alumninya masih jauh dari harapan orang tua siswa dan komite sekolah.

Baca Juga: 'Daur Hidup' Film Series Sembilan Episode Tayang Hari Ini 1 Desember 2021

Padahal SMA Negeri 1 Batujajar yang berdiri sejak 2003 jumlah siswanya sangat luar bisa, yakni sebanyak 1.256 siswa regular, dan belum termasuk siswa SMA Terbuka sekitar 170 siswa.

“Makanya ketika serah terima jabatan kepala sekolah, saya langsung melakukan evaluasi bersama guru untuk merumuskan visi misi sekolah,” ujarnya.

Pasalnya, lanjut Samsul dengan jumlah siswa yang luar biasa itu memerlukan program yang harus menjadi unggulan di SMA Negeri 1 Batujajar.

Baca Juga: Sifat Malu Ciri Khas Seorang Muslimah

“Akhirnya pada Agustus 2020 kami merumuskan visi misi baru SMA Negeri 1 Batujajar,” katanya.

Dijelaskan Samsul, output alumni yang diterima di perguruan tinggi  masih sangat jauh dari harapan, sehingga perlu ada terobosan program bagaimana dalam waktu yang relatif tidak terlalu lama bisa terjadi peningkatan prestasi yang signifikan.

“Sehingga saya dan teman-teman guru waktu itu membuat program unggulan, yaitu Fokus Group Discussion (FGD),” katanya.

Program FGD, lanjutnya, dikhususkan untuk kelas XII, kita petakan bersama guru BK dan wali kelas, siapa saja siswa yang mempunyai minat masuk ITB, Unpad, UGM, UPI dan lainnya. “Selanjutnya kita satukan dalam Grup WhatsApp (WA). Ada Grup WA ITB, Unpad, UPI dan sebagainya,” ujarnya.

“Alhamdulilah hasilnya cukup menggembirakan, karena tahun 2020 siswa yang berhasil lewat jalur SNMPTN sebanyak 17 orang, salah satunya diterima di ITB. Siswa yang masuk SBMPTN sebanyak 25 orang, terbanyak masuk Unpad, UPI dan Udayana,” tandasnya.

Baca Juga: Mendapat Penolakan, Reuni Akbar 212 Batal Digelar, Mulai dari Monas Jakarta Hingga Masjid Az-Zikra

Hasil itu, ungkap Samsul, belum maksimal dan masih jauh dari harapan bila melihat jumlah siswa SMA Negeri 1 Batujajar yang lulus setiap tahunnya sekitar 420 orang.

“Capaian ini paling tidak sebagai pemantik untuk langkah awal. Mudah-mudahan di tahun depan bisa melibatgandakan prestasi,” ujarnya.

Modal utama bagi kepala sekolah, sebut Samsul, adalah guru dan tenaga kependidikan, karena merupakan aset yang paling berharga.

“Guru dan tenaga kependidikan berhadapan langsung siswa, serta melaksanakan langsung proses kegiatan belajar mengajar yang mempengaruhi output siswa,” ucapnya.***

Editor: Rusyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Profil Bupati Bogor Ade Yasin yang Kena OTT KPK

Rabu, 27 April 2022 | 20:51 WIB

Tanya Fauzan, Siswa SMAN 15 jadi Investor Saham

Rabu, 6 April 2022 | 14:21 WIB