• Sabtu, 2 Juli 2022

Mendapat Penolakan, Reuni Akbar 212 Batal Digelar, Mulai dari Monas Jakarta Hingga Masjid Az-Zikra

- Rabu, 1 Desember 2021 | 19:23 WIB
  Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Erdi A. Chaniago, terkait Reuni Akbar 212 (Foto: Gorajuara.com/Tangkapan layar Polri TV)
Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Erdi A. Chaniago, terkait Reuni Akbar 212 (Foto: Gorajuara.com/Tangkapan layar Polri TV)

GORAJUARA - Gelaran pelaksanaan Reuni Akbar 212 tampak sulit dilaksanakan, karena mendapat berbagai penolakan.

Sebelumnya, rencana Reuni Akbar 212 akan digelar di silang Monas, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Ini 10 Siswa yang Masuk Nominasi Lomba Karya Tulis Dewi Sartika Antar SMA, SMK, MA dan SLB se Jawa Barat

Namun hal itu urung dilaksanakan karena pihak kepolisian tidak memberikan izin dan melalarang segala bentuk kerumuman.

Batal dilaksanakan di Monas, Jakarta akhirnya pihak ketua penyelenggara mengambil inisiatif untuk dilaksanakan di Bogor, tetapnya pesanteren Az-Zikra.

Baca Juga: Mudah Terpapar Virus Omicron Waspadai Kelompok Berikut

Sebelumnya, Ketua Umum PA 212, Slamet Maarif mengatakan, pelaksanaan Reuni 212 tahun ini rencananya akan dialihkan menjadi doa bersama di Pesantren Az-Zikra Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Lagi-lagi, Reuni Akbar 212 yang terkesan dipaksakan degan dalih sekaligus mendoakan untuk almarhum Ammer Azzikra, juga mendapat penolakan dari keluarga almarhum Arifin Ilham.

Baca Juga: Gejala Inilah yang Dirasakan Ketika Diterpa Varian Baru Omicron

Sehingga rencana Reuni Akbar 212 di Masjid Az-Zikra, Sentul, Bogor yang seyogyanya dilaksanakan, Kamis 2 Desember 2021 itu harus ditabalkan.

Pihak keluarga almarhum Arifin Ilham tidak mengizinkan jika masjid Az-Zikra digunakan untuk kepentingan eksternal dan mengundang kerumunan dengan apapun dalihnya.

Baca Juga: Mantan Sekjen Fron Pembela Islam Dijerat Pasal Berlapis, Terlibat Tidak Pidana Terorisme

"Dari pihak keluarganya ada penolakan terkait dengan agenda Reuni Akbar 212 di Masjid Az-Zikra," ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Erdi Ardi Chaniago dalam keterangannya pada, Rabu 1 Desember 2021.

Terkait penolakan kegiatan Reuni Akbar 212 di masjid Az-Zikra pun disampaikan oleh Ketua Yayasan Az-Zikra, H. Khotib Kholil.

Baca Juga: Jelang Pelaksanaan Reuni Alumni 212, Sejumlah Ruas Jalan di Jakarta Disekat Mulai Malam Ini

Melalui surat dengan nomor 112/YAZ/SK/XII/2021, Khotib Kholil ditujukan kepada Ketua Panitia Penyelenggara Reuni Akbar 212, Eka Jaya.

Khotib Kholil menyebutkan, penolakan kegiatan tersebut didasari atas suasana duka yang masih menyelimuti keluarga besar almarhum Ustad Arifin Ilham.

Baca Juga: Tiga Anak Korban Pemerkosaan Ayah Kandung Kondisinya Sangat Mengkhawatirkan

"Kami sedang berduka pascameninggalnya anak kedua almarhum ustad Arifin Ilham, Ameer Azzikra," katanya.

"Sehubungan dengan suasana berduka atas wafatnya ananda ustaz Muhammad Ameer Azzikra, maka diputuskan untuk sementara waktu majelis Az-Zikra tidak menerima kegiatan apapun yang diadakan oleh pihak eksternal," katanya.

Hal itu, jelas Khotib Kholil, merupakan permintaan dari pihak keluarga, yakni ibunda Almarhum Ameer Azzikra, Ummi Yunu Al Waly, dan berdasarkan hasil musyawarah pihak keluarga besar.***

Editor: Rusyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini