• Rabu, 1 Desember 2021

Curah Hujan Meningkat, Pemkab Garut Prioritaskan Mitigasi Bencana

- Selasa, 28 September 2021 | 20:04 WIB
Bupati Garut Rudy Gunawan/Gorajuara.com/Agus Alvin
Bupati Garut Rudy Gunawan/Gorajuara.com/Agus Alvin

GARUT, GORAJUARA - Bupati Garut Rudy Gunawan mengingatkan kembali, terkait mitigasi bencana menjelang musim hujan dengan curah hujan yang tinggi yang kemungkinan akan terjadi di wilayah Kabupaten Garut.

Menurut Rudy, mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan kepada dinas-dinas terkait untuk mempersiapkan terkait adanya potensi bencana hidrometeorologi di Kabupaten Garut karena adanya curah hujan yang meningkat.

"Saya mohon ini terutama kepada Asisten 1 dan juga jajaran BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), dinas teknis siagakan alat berat di workshop yang tidak boleh digunakan dan itu adalah untuk jaga-jaga bilamana ada bencana. Saya ingatkan bahwa bencana sekarang ini mungkin akan menjadi bagian yang akan dihadapi kita ke depan," ujarnya, Selasa 28 September 2021.

Baca Juga: Bus Rombongan Persib Diadang Sejumlah Orang di Flyover Pasupati

Rudy menyebutkan, BPBD Kabupaten Garut telah melakukan sosialisasi kepada 42 camat di Kabupaten Garut terkait mitigasi bencana.

Para camat pun diinstruskikan segera memanggil kepala desa ke gedung kecamatan untuk diberikan hal yang berhubungan dengan sosialisasi hidrometeorologi yang merupakan bencana yang akan mungkin terjadi di Garut.

Rudy menuturkan, bahwa bencana hidrometeorologi di Kabupaten Garut bisa berupa bencana banjir, longsor, tanah bergerak dan angin puting beliung. Ia pun mengimbau masyarakat bisa segera mengungsi jika terjadi bencana.

Baca Juga: PERKI Rekomendasikan Ini untuk Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Jantung

"Saya sudah melihat datanya bahwa setiap tahun ada yang meninggal karena tersambar petir, mungkin cuacanya tiba-tiba buruk, mendung atau sebagainya. Ini diingatkan bagi mereka yang sedang berwisata ke Gunung, bagi saudara-saudara kita yang berada untuk melaut," ucapnya.

Halaman:

Editor: Buddy Wirawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wakil Bupati Tasikmalaya Apresiasi Program 'YESS'

Kamis, 28 Oktober 2021 | 21:30 WIB

Wali Kota Tasikmalaya Sambut Baik Kegiatan 'GP3M'

Rabu, 27 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Turunkan Level PPKM, Kabupaten Garut Kebut Vaksinasi

Minggu, 17 Oktober 2021 | 11:25 WIB
X