• Jumat, 20 Mei 2022

Peran Humas Membuat Citra Sekolah Agar Mendapat Pengakuan Masyarakat

- Senin, 20 Desember 2021 | 09:15 WIB
Wakil Kepala SMA Negeri Jatinangor Bidang Humas, Asep Suhayat, S.Pd.,M.Pd., (Foto: Gorajuara.com)
Wakil Kepala SMA Negeri Jatinangor Bidang Humas, Asep Suhayat, S.Pd.,M.Pd., (Foto: Gorajuara.com)

GORAJUARA - Peran hubungan masyarakat (Humas) atau yang lebih dikenal dengan publik relation tentu sangat krusial bagi sebuah lembaga.

Seperti halnya humas sekolah memiliki peran dalam menciptakan citra baik sekolah , mengkomunikasikan segala bentuk informasi tentang sekolah, baik kepada internal maupun eksternal.

Bisa dikatakan bahwa bidang humas adalah wajah dari sekolah itu sendiri. Ia harus memahami secara detail seluk beluk dan segala informasi yang terkait dengan sekolah. Selain itu, humas juga membawa citra dari sekolah.

Baca Juga: Potret V BTS Tak Pakai Baju jadi Trending World Wide di Twitter

Upaya-upaya apa saja yang dilakukan dalam pengembangan bagian fungsi humas di SMA Negeri Jatinangor, Kabupaten Sumedang?

Menurut Wakil Kepala SMA Negeri Jatinangor Bidang Humas, Asep Suhayat, S.Pd.,M.Pd., membantu Kepala Sekolah dalam memimpin, merencanakan, mengembangkan, mengarahkan, mengkoordinasikan, mengawasi, dan mengendalikan kegiatan sekolah.

Melaksanakan program bidang humas sesuai dengan visi, misi, dan program kerja yang telah ditetapkan di SMA Negeri Jatinangor.

Baca Juga: Bupati DS Salurkan Bantuan Erupsi Semeru Senilai Rp416 Juta

Selain itu, kata Asep, bidang humas juga menyusun program kerja dan anggaran humas, membantu komite dalam pengembangan sekolah. Menfasilitasi hubungan antar warga sekolah dan komite.

“Mengkoordinasikan pelaksanaan promosi sekolah. Menfasilitasi hubungan antar warga sekolah dan lingkungan sekitarnya, seperti perguruan tinggi, alumni dan lain-lain,” katanya.

Disebutkan Asep,  pemantauan terhadap jalannya kegiatan bidang humas di SMA Negeri Jatinangor sangat berjalan dengan baik. Profesi humas ada kalanya memang harus berinteraksi langsung dengan masyarakat.

Baca Juga: Jenis Masker dan Kosmetik yang Menyebabkan Maskne yang Harus Kamu Tahu

“Turun mendekat dan berinteraksi, membina hubungan dan membuat kesan positif,” katanya.

Pelaksanaan humas di SMA Negeri Jatinangor berjalan baik,  dan prinsifnya sebagai mediator, baik terhadap internal sekolah maupun eksternal sekolah.

Mengatur dan menyelenggarakan hubungan baik antara sekolah dengan Komite Sekolah.

“Menampung saran-saran dan pendapat masyarakat demi kemajuan sekolah, serta mengatur dan menyelenggarakan hubungan antara sekolah dengan orang tua atau wali murid,” ujar Asep.

Baca Juga: Ratusan Warga Menerima BLT Dana Desa di Kecamatan Solokanjeruk

Harapan ataupun tujuan yang ingin dicapai bagian humas SMAN Jatinangor, lanjut Asep, ingin tercipta sinergis antara sekolah dengan pihak-pihak luar sekolah.

Mengubah citra masyarakat terhadap sekolah melalui kegiatan yang dilakukan oleh sekolah.
“Menginformasikan kesuksesan yang telah dicapai organisasi atau  sekolah kepada masyarakat umum agar mendapatkan pengakuan,” tambah Asep.

Terkait kredibilitas bidang humas, jelasnya,  harus humanis dan bertanggungjawab, sehingga terciptanya kegiatan yang baik. Membuat citra positif organisasi atau sekolah di mata pihak eksternal atau masyarakat.

Wujud kegiatan  yang telah dilaksanakan bidang humas dalam penyampaian informasi pada public internal maupun eksternal, ungkap Asep, merancang program komunikasi  khususnya yang berkaitan dengan persepsi atau citra.

Kemudian, tambahnya, melaksanakan fungsi komunikasi  secara terencana dan kontinyu. Melakukan evaluasi dan pemantauan program atau kegiatan komunikasi yang berjalan.

“Memberikan masukan kepada sekolah terkait langkah- langkah yang harus ditempuh  untuk menyelesaikan maslaah atau menciptakan perubahan kearah yang lebih baik,” ucap Asep.

“Mendapatkan input dari pihak eksternal atau masyarakat untuk sekolah, mengelola media internal sekolah, serta memberikan respon terkait pertanyaan, keluhan atau masukkan yang ditujukan untuk sekolah,” lanjut Asep.***

Editor: Rusyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Profil Bupati Bogor Ade Yasin yang Kena OTT KPK

Rabu, 27 April 2022 | 20:51 WIB

Tanya Fauzan, Siswa SMAN 15 jadi Investor Saham

Rabu, 6 April 2022 | 14:21 WIB