• Selasa, 28 Juni 2022

Sukses Di Bawah Naungan Al Quran, Hidup dengan Pola Pikir Gravitasi.

- Jumat, 6 Mei 2022 | 16:57 WIB
Pola pikir Gravitasi dari Al Quran (GoraJuara.com/Photo Pixabay)
Pola pikir Gravitasi dari Al Quran (GoraJuara.com/Photo Pixabay)

GORAJUARA - Gagasan sukses di bawah naungan Al Quran jadi tema ngobrol pendidikan abad 21 live IG kolabirasi dengan SMAN 1 Pasirkuda Cianjur. Al Quran perlu kita terus elaborasi.

Ilmu pengetahuan yang terkandung dalam Al Quran perlu terus digali. Di implementasikan dalam dunia pendidikan. Gagasan-gagasan yang bersumber pada Al Quran bisa mengundang berbagai keberuntungan bagi dunia pendidikan.

Berbagai alternatif dapat kita lakukan dalam dunia pendidikan untuk menjadikan Al Quran bagian dari ilmu pendidikan. Program belajar tajwij Al Quran, menghafal Al Quran menjadi langkah awal menerapkan ide Al Quran dalam pendidikan.

Baca Juga: Efek Penjajahan 350 Tahun Masih Ada, Cara Berpikir Masih Dijajah.

Sebagaimana diyakini umat Islam, Al Quran sebagai kitab suci diturunkan oleh Allah untuk kesejahteraan dan kedamaian umat manusia. Al Quran menjadi panduan hidup yang tak lekang di makan zaman. 

Selanjutnya setelah menghafal, bisa dilanjutkan dengan integrasi pemahaman nilai-nilai pedoman hidup yang bersumber dari Al Quran. Guru-guru mata pelajaran bisa menjelaskan kandungan Al Quran secara ilmiah.

Al Quran juga bisa dikaji sebagai sumber pola pikir yang dapat melahirkan tokoh-tokoh besar. Nabi Muhammad SAW dalam hadis-hadis shahih bisa menjadi panduan untuk jelaskan pola pikir Al Quran.

Baca Juga: Perjalanan Vani SMAN 1 Pasikuda Masuk UIN, Jadi Gagasan Kembangkan Program Unggulan

Salah satu pola pikir Al Quran yang bisa diperkenalkan kepada siswa yaitu pola pikir untuk selalu melakukan refleksi diri dengan melihat berbagai kejadian alam. Refleksi diri atau mengevaluasi diri adalah cara berpikir Al Quran yang membuat siswa tumbuh dewasa.

Halaman:

Editor: Master Toto

Tags

Artikel Terkait

Terkini