• Jumat, 20 Mei 2022

Fasilitas Sarana dan Prasarana di Sekolah Memadai Bisa Meningkatkan Prestasi Siswa

- Rabu, 1 Desember 2021 | 21:22 WIB
Wakil Kepala SMA Negeri 2 Majalaya Bidang Sarana dan Prasarana, Hera Hermawan, S.Pd.,                                (Foto: Gorajuara.com/Ahmad Fauzi Jaelani)
Wakil Kepala SMA Negeri 2 Majalaya Bidang Sarana dan Prasarana, Hera Hermawan, S.Pd., (Foto: Gorajuara.com/Ahmad Fauzi Jaelani)

GORAJUARA - Sarana dan prasarana yang memadai diyakini bisa meningkatkan semangat siswa dalam belajar, dan meningkatkan prestasi, baik dalam bidang akademik maupun nonakademik.

Sehingga tidaklah heran, jika setiap sekolah berlomba dalam melengkapi fasilitas sebagai sarana belajar siswa.

Seperti halnya diungkapkan Wakil Kepala SMA Negeri 2 Majalaya, Kabupaten Bandung Bidang Sarana dan Prasarana, Hera Hermawan, S.Pd., semenjak dirinya percaya untuk membidangi sarana dan prasarana sejak Juli 2021, terus melakukan pembenahan.

Baca Juga: Mudah Terpapar Virus Omicron Waspadai Kelompok Berikut

Selain banyak fasilitas yang harus dibenahi, kata Hera, juga untuk menciptakan sekolah sehat, sehingga siswa dan guru akan merasa betah berada di sekolah.

“Prestasi akan muncul, manakala proses kegiatan belajar mengajar (KBM) ditunjang dengan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai,” kata Hera belum lama ini.

Artinya, jelas Hera, jika fasilitas yang dibutuhkan siswa itu tersedia, seperti lab dan fasilitas lainnya, maka siswa akan belajar dengan tenang dan nyaman.

Baca Juga: Cara Mengatur Jadwal Belajar UTBK Agar Siap 100 Persen

“Apalagi jika ditunjang dengan lingkungan sekolah yang bersih dan indah, maka anak-anak akan betah berada di sekolah,” tuturnya.

Sebagai wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, kata Hera, dirinya ingin menciptakan hal itu, dan sekolah menjadi ‘rumah kedua’ bagi para siswa dan guru. “Mudah-mudahan itu bisa terwujud,” ujarnya.

Atas instruksi kepala sekolah yang menghendaki ada klinik sekolah, ungkap Hera, bidang sarana dan prasarana pun sudah membangun klinik sekolah bersebelahan dengan masjid. Ruangannya sudah bagus, dan sudah siap digunakan.

Baca Juga: Perusahaan yang Dilamar Meminta Tahan Ijazah, Simak Hal yang Harus Diperhatikan

Menurut Hera, pembuatan klinik sekolah ini intinya ingin semua siswa SMA Negeri 2 Majalaya sehat, apalagi masa pandemi Covid-19 ini masih terjadi dan belum 100 persen hilang di Indonesia.

“Sehingga klinik sekolah ini sangat dibutuhkan sekali, pastinya untuk menjaga kesehatan siswa. Artinya, menjaga itu lebih baik ketimbang mengobati. Jadi nanti setiap siswa akan diperiksa kesehatannya secara berkala,” ucapnya.

Sebelum pelaksanaan PTM Terbatas pun, tandas Hera, bidang sarana sudah menyiapkan fasilitas protokol kesehatan dengan lengkap, seperti penyediaan masker, membuat tempat cuci tangan di setiap depan kelas yang bisa digunakan siswa.

Baca Juga: Gejala Inilah yang Dirasakan Ketika Diterpa Varian Baru Omicron

“Masing-masing kelas pun sudah dilengkapi hand sanitizer, sehingga siswa ketika masuk kelas dan pulang diwajibkan mencuci tangan dengan memakai sabun, dan menggunakan hand sanitizer,” ujarnya.****

Editor: Rusyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Profil Bupati Bogor Ade Yasin yang Kena OTT KPK

Rabu, 27 April 2022 | 20:51 WIB

Tanya Fauzan, Siswa SMAN 15 jadi Investor Saham

Rabu, 6 April 2022 | 14:21 WIB