• Selasa, 28 Juni 2022

Kurikulum Merdeka Belajar Berpusat pada Kepentingan Peserta Didik

- Rabu, 30 Maret 2022 | 07:45 WIB
Kasi Pengawas di KCD Wilayah IV Dinas Pendidikan Jawa Barat, Santy Kurnia Dewi, S.Pd.,M.Pd., (Foto: Gorajuara.com)
Kasi Pengawas di KCD Wilayah IV Dinas Pendidikan Jawa Barat, Santy Kurnia Dewi, S.Pd.,M.Pd., (Foto: Gorajuara.com)

GORAJUARA - Kurikulum Merdeka Belajar yang dilakukan di SMA Negeri 23 Bandung, berpusat pada peserta didik,  yaitu merancang pembelajaran untuk memenuhi potensi, kebutuhan perkembangan, dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik.

Profil Pelajar Pancasila peserta didik menjadi rujukan pada semua tahapan dalam penyusunan kurikulum operasional sekolah,” kata mantan mantan Kepala SMA Negeri 23 Bandung, Santy Kurnia Dewi, S.Pd.,M.Pd.

Baca Juga: Jadwal Liga Italia: Juventus vs Inter, AC Milan dan Napoli Saling Manfaatkan

Selain itu, tegas Santy yang kini menjabat sebagai Kasi Pengawas di KCD Wilayah IV, kontekstual, yaitu menunjukkan kekhasan dan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, konteks sosial budaya dan lingkungan, serta dunia kerja dan industri dengan memper-timbangkan keberadaan sekolah di zonasi lingkungan perumahan modern dan perkampungan.

Esensialnya, tambah Santy,  yaitu semua unsur informasi penting atau utama yang dibutuhkan oleh para pemegang kepentingan tentang kurikulum yang digunakan di satuan pendidikan diperoleh di dokumen hasil analisis, dan observasi karakteristik satuan pendidikan.

Baca Juga: Scorpions Hari Ini, 40 Tahun Lalu Rilis Album 'Blackout'

“Dijabarkan dengan lugas dan mudah dipahami, tidak mengulang naskah atau kutipan yang sudah ada di naskah lain,” ujarnya.  

Akuntabel, yaitu dapat dipertanggungjawabkan karena berbasis data dan aktual.

“Melibatkan berbagai pemangku kepentingan, yaitu pengembangan kurikulum SMA Negeri 23 Bandung melibatkan komite satuan pendidikan dan berbagai pemangku kepentingan antara lain orangtua dan organisasi di bawah koordinasi dan supervisi dinas Pendidikan,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Rusyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kisah Inspiratif Joyana, Anak Yatim Berprestasi

Kamis, 2 Juni 2022 | 19:39 WIB

Profil Bupati Bogor Ade Yasin yang Kena OTT KPK

Rabu, 27 April 2022 | 20:51 WIB

Tanya Fauzan, Siswa SMAN 15 jadi Investor Saham

Rabu, 6 April 2022 | 14:21 WIB