• Minggu, 29 Januari 2023

Yuk, Mengenal Lebih Dalam Tentang Candi Jiwa Batujaya, Salah Situs Tertua di Indonesia

- Kamis, 27 Oktober 2022 | 10:51 WIB
Candi Jiwa (Foto: Gorajuara.com/dok: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat)
Candi Jiwa (Foto: Gorajuara.com/dok: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat)

GORAJUARA - Tidak banyak orang yang tahu bahwa di Batujaya, Kabupaten Karawang terdapat Candi Jiwa salah satu peninggalan sejarah situs tertua di Indonesia.

Dilansir dari akun YouTube Balai Pelestarian Cagar Budaya Banten yang diposting pada 26 Juni 2019, Candi Jiwa salah satu situs tertua di Indonesia karena sudah ada di zaman prasejarah.

Selain Candi Borobudur yang dikenal banyak orang, Candi Jiwa tentunya masuk ke dalam golongan situs tertua di Indonesia yang memiliki kekayaan sejarah yang harus perlu kita ketahui lebih dalam.

Baca Juga: Pro Player Counter Strike Global Offensive Dari India Sempat Menggunakan Ini Dalam Turnamen Besar?

Diketahui, Candi Jiwa masuk dalam perkomplekan percandian yang terletak di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang.

Kabupaten Karawang diketahui memiliki jumlah penduduk sekitar 2,2 juta orang yang sebagian besar berprofesi sebagai Petani dan dikenal sebagai kota lumbung padi.

Akses untuk menuju ke Candi Jiwa melalui Kabupaten Karawang dan ambil jurusan ke arah Rengasdengklok. Kemudian, nanti setelah melewati pasar bisa langsung ambil pertigaan menuju arah Batujaya.

Untuk dari arah Jakarta bisa melalui wilayah Cikarang menuju ke Sukatani agar aksesnya lebih cepat dibandingkan harus ke Kabupaten Karawang terlebih dahulu.

Baca Juga: Main di Liga Malam Jumat! Barcelona Resmi Turun Kasta ke Europa League Lagi

Halaman:

Editor: Mohamad Arief

Tags

Artikel Terkait

Terkini