• Kamis, 11 Agustus 2022

Karya Ilmiah, Selain Syarat Kelulusan Juga Menggali Kreativitas Siswa Melaui Riset

- Jumat, 25 Maret 2022 | 09:00 WIB
 Wakil Kepala SMAN 2 Lembang Bidang Kurikulum, Feri Ferdiansyah, S.Pd., (tengah) dan staff                                (Foto: Gorajuara.com/Ahmad Fauzi Jaelani)
Wakil Kepala SMAN 2 Lembang Bidang Kurikulum, Feri Ferdiansyah, S.Pd., (tengah) dan staff (Foto: Gorajuara.com/Ahmad Fauzi Jaelani)

GORAJUARA - Salah satu syarat siswa dinyatakan lulus dari satuan pendidikan setelah mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Kendati demikian, bentuk pelaksanaan ujian diserahkan ke masing-masing sekolah, dan mekanismenya tidak sama.

Baca Juga: Kalahkan Australia, Jepang Pastikan Berangkat Ke Piala Dunia Qatar 2022

Hal tersebut berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 yang ditandatangani Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, pada 1 Februari 2021.

SMA Negeri (SMAN) 2 Lembang, Kabupaten Bandung Barat dalam menentukan Syarat Kelulusan bagi siswa kelas XII menyelenggarakan ujian karya ilmiah dan ujian tertulis. Tujuan dari program tersebut untuk meningkatkan kualitas siswa.

Baca Juga: Justin Bieber akan Gelar Konser di Jakarta , Ini Jadwal dan Cara Dapatkan Tiketnya

Wakil Kepala SMAN 2 Lembang Bidang Kurikulum, Feri Ferdiansyah, S.Pd., mengatakan,  dari kegiatan karya ilmiah ini diharapkan bisa bermanfaat bagi siswa, dan sekolah terutama dalam upaya meningkatkan kualitas mutu lulusan.

Untuk project karya ilmiah, baik untuk jurusan IPA maupun IPS dirancang sejak semester ganjil, Kegiatan ujian tersebut sudah dilaksanakan dan diikuti oleh siswa kelas XII jurusan IPA dan IPS.

Proses bimbingan dimulai pada bulan Oktober tahun 2021 lalu sampai Februari 2022 dengan pertimbangan agar bimbingan terhadap siswa efektif, dalam proses ujian Karya Ilmiah.

Halaman:

Editor: Rusyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini