• Selasa, 28 Juni 2022

Kurikulum Adiguna, Inovasi Kurikulum SMAN 16 Kota Bandunng

- Kamis, 23 Juni 2022 | 14:36 WIB
Eha Julaeha, M.Pd. Kepala SMAN 16 Kota Bandung (GoraJuara.com/dok AKSI)
Eha Julaeha, M.Pd. Kepala SMAN 16 Kota Bandung (GoraJuara.com/dok AKSI)

GORAJUARA - Kurikulum Adiguna adalah inovasi kurikulum yang menjadi ciri khas SMAN 16 Kota Bandung. Kurikulum ini dikembangkan sebagai inovasi kurikululm yang berfokus kepada siswa.

Program inovasi sebagai bagian dari pengembangan kurikulum operasional sekolah berbasis data. Berdasarkan hasil penelusuran minat, sebanyak 40% siswa minat bekerja.

Dalam dokumen kurikulum, tujuan pendidikan SMA adalah mempersiapkan peserta didik melanjutkan ke perguruan tinggi. Namun faktanya, tidak semua siswa SMAN 16 Kota Bandung minat melanjutkan ke perguruan tinggi. 

Baca Juga: Pola Pikir Al Quran Growth Mindset, Otak Semakin Cerdas

Fakta ini terjadi karena tidak semua siswa memiliki kebebasan untuk akses pada sekolah vokasi, karena faktor geografi, transportasi, dan zonasi. 

Fakta dilapangan terjadi pula disorientasi tujuan minat siswa, dimana siswa SMA minat bekerja dan siswa SMK melanjutkan ke perguruan tinggi. 

Atas dasar itu, Eha Julaeha, M.Pd. Kepala SMAN 16 Kota Bandung melakukan inovasi kurikulum untuk memfasilitasi kebutuhan siswa. Inovasi kurikulum dilakukan dengan cara kolaborasi program vokasi bersama SMK terdekat.

Baca Juga: Artikel Terindek Scopus, Kampus dalam Pusaran Tirani Metrik

Kolaborasi dilakukan dengan SMKN 9 Kota Bandung, dengan melakukan adaftasi program kurikulum vokasi yang ada di SMKN 9 Kota Bandung. Dalam kurikulum SMAN 16 Bandung dimasukkan ekstrakurikuler vokasi.

Halaman:

Editor: Master Toto

Tags

Artikel Terkait

Terkini