• Minggu, 25 September 2022

Pantai Pandawa, New Kuta Beach

- Selasa, 21 Juni 2022 | 14:05 WIB
Selain tempat Wisata, Pantai Pandawa juga menjadi tempat melakukan ritual melasti bagi umat Hindu di Desa Adat Kutuh, Kuta Selatan, Bali 	 (gorajuara.com/Dok. I Nyoman Tingkat)
Selain tempat Wisata, Pantai Pandawa juga menjadi tempat melakukan ritual melasti bagi umat Hindu di Desa Adat Kutuh, Kuta Selatan, Bali (gorajuara.com/Dok. I Nyoman Tingkat)

 

GORAJUARA - Pantai Pandawa, New Kuta Beach. Pantai Pandawa adalah Pantai barunya Kuta terletak di Desa Kutuh Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai Pandawa ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit dari Bandara Ngurah Rai Denpasar ke arah Selatan melalui Jalan Kampus Unud- arah GWK.

Pantai Pandawa dibuka sebagai destinasi pariwisata sejak 2012, sepuluh tahun silam. Sebelum Pandemi, Pantai Pandawa rutin melaksanakan Festival setiap akhir tahun selama sepekan, Festival rutin sampai 6 kali berturut-turut dan mendapat sambutan hangat dari para wisatawan asing dan domestik.

“Selama Festival pengunjung membludak, pendapatan terdongkrak. Operasional membengkak”, kata I Wayan Kasim, mantan manager yang pensiun tepat awal Pandemi Covid-19, pada Maret 2020.

Baca Juga: Kevin Sanjaya Tak Bisa Kontrol Sikap saat Kalah, Netizen: Harus Banyak Belajar dari Yuki Fukushima

Sesuai dengan namanya, Pantai Pandawa dilengkapi dengan patung-patung keluarga Pandawa, dari Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula, Sahadewa, Dewi Drupadi. Keunikannya, patung-patung itu gagah berdiri di bawah tebing-tebing batu karang perbukitan.

Anggun dan menakjubkan bagi siapa pun yang lewat sebagai tempat berfoto untuk kenangan terus diunggah di media sosial. Selain disambut patung-patung keluarga Pandawa, wisatawan juga merasakan sensasi deburan ombak berbuih putih dengan butir-butir pasir berwarna putih pula.

Sejumlah jukung nelayan juga menjadi saksi bagi pengunjung yang beruntung karena jukung-jukung itu tidak selamanya diparkir di air laut, kadang pula diparkir di pinggir pantai.

Baca Juga: Fransesco Bagnaia Puji Kualitas Balapan Fabio Quartararo

Selama Pandemi Covid-19, Pantai Pandawa juga sepi pengunjung, seperti destinasi wisata lainnya. Sejumlah karyawan tetap bekerja tetapi bergilir, sebulan 10 – 15 hari. “Ya, selama Pandemi, karyawan bekerja giliran, 10 – 15 hari.

Halaman:

Editor: Buddy Wirawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pantai Pandawa, New Kuta Beach

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:05 WIB

Timbis Paragliding Bali, Sorganya Penerbang

Kamis, 16 Juni 2022 | 15:45 WIB

Asyiknya Wisata Edukasi di Museum Geologi Bandung

Rabu, 19 Januari 2022 | 23:57 WIB