• Rabu, 17 Agustus 2022

PKB-Gerindra Berkoalisi Hadapi Pilpres 2024, Agung Baskoro: Rasional, Keduanya Saling Melengkapi

- Minggu, 19 Juni 2022 | 21:04 WIB
PKB-Gerindra berkoalisi dalam hadapi Pilpres 2024 (Foto: Gorajuara.com/dok: Jurnal Aceh)
PKB-Gerindra berkoalisi dalam hadapi Pilpres 2024 (Foto: Gorajuara.com/dok: Jurnal Aceh)

GORAJUARA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra mengumumkan kerja sama politik dalam hadapi Pilpres 2024. Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro, menilai koalisi ini sebagai hal yang rasional.

Menurut Agung Baskoro, dua partai ini, PKB-Gerindra yang berkoalisi dalam menghadapi Pemilihan Presiden 2024 (Pilpres 2024) akan saling melengkapi secara ideologis.

Lebih lanjut lagi, Agung Baskoro mengungkap bahwa Gerindra dianggap sebagai representasi partai yang nasionalis. Lalu PKB sebagai representasi partai Islam yang dekat dengan santri. Keduanya diprediksi saling melengkapi dalam Pilpres 2024 nanti.

Baca Juga: PSI Tak Dukung Anies Baswedan Dalam Pilpres 2024, Giring: 9 Nama Ini Layak Jadi Presiden

Agung Baskoro juga meyakini dengan terbentuknya koalisi PKB-Gerindra di Pilpres 2024 nanti, pasangan Prabowo Subianto (Ketua Umum Gerindra) dan Muhaimin Iskandar (Ketua Umum PKB) berpeluang besar untuk menang.

“Akhirnya momentum PKB bersama Gerindra menjadi lebih rasional, selain ramping (tanpa harus banyak berkompromi) secara institusional, juga secara personal mampu memenuhi kebutuhan ketua umum masing-masing yang ingin maju dalam Pilpres 2024," tulis Agung.

"Jika PKB berkoalisi dengan dua partai yakni Demokrat dan PKS, maka koalisi menjadi kurang ramping karena bila bersama hanya kepada salah satunya, yakini PKS atau Demokrat, masih belum dapat memenuhi presidential threshold,” sambungnya.

"Jika basis massa kedua partai ini berpasangan ditambah kekuatan figur yang dimiliki oleh Prabowo sebagai Ketua Umum Gerindra yang juga capres sementara Cak Imin wapresnya, maka poros Gerindra-PKB bisa menjadi koalisi yang berpotensi memenangkan Pilpres …” tutur Agung.

Sebelumnya diberitakan bahwa Sabtu, 18 Juni 2022, Muhaimin Iskandar mengunjungi kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara No. 4, Jakarta Selatan.

Halaman:

Editor: Mohamad Arief

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Flyover dan JPO Ciroyom Mulai Konstruksi Oktober 2022

Selasa, 16 Agustus 2022 | 23:17 WIB

Paskibraka Kota Bandung Resmi Dikukuhkan

Selasa, 16 Agustus 2022 | 23:06 WIB