Rakernas AKSI Siap Kawal Generasi Emas 2045, Melatih Siswa Jadi Manusia Berkelas Investor

- Minggu, 25 Desember 2022 | 18:59 WIB
Toto Suharya, Sekjen DPP AKSI Siap Kawal Generasi Emas 2045  (GoraJuara.com/dok AKSI)
Toto Suharya, Sekjen DPP AKSI Siap Kawal Generasi Emas 2045 (GoraJuara.com/dok AKSI)

GORAJUARA - Rakernas AKSI berkomitmen kawal generasi emas 2045. Para kepala sekolah harus siap melatih siswa-siswi menjadi manusia-manusia bermental investor.

Toto Suharya Sekjen DPP AKSI, akan ajak semua kepala sekolah seluruh Indonesia, kawal generasi emas 2045 bermental investor. Mental kreatif, berani gagal, survival, dan mandiri.

Robert Kiyosaki membagi perkembangan mental manusia ke dalam empat kuadran, yaitu E (Employe), S (Self Emfloye), B (Bussines), I (Investor).

Baca Juga: Kepala KCD Wilayah VII dan Kabid PSMA Ajak Budayakan Apresiasi

Perkembangan mental ini tidak peduli siapa orangnya apapun profesinya, jika ingin sukses mentalnya harus tumbuh. Mental orang bisa tumbuh jika diberi pengetahuan.

Melalui peningkatan pengetahuan, pengalaman, dan pendidikan, mental seseorang dapat ditingkatkan, demikian menurut Masrukhin (2015). 

Sukses adalah proses keberhasilan seseorang menjadi manusia mandiri, tidak tergantung pada orang lain. Kemandirian dapat diidentifikasi dari kepercayaan diri.

Baca Juga: UPI Goes to School, Untuk Bantu Para Guru Lakukan Inovasi

Keberhasilan dapat diidentifikasi dari kemampuan orang dalam menganalisis dan memecahkan masalah, serta bertanggung jawab.

Mandiri secara terminologi adalah kemampuan yang menunjukkan seseorang bisa menjalankan atau melakukan sendiri aktivitas hidup terlepas dari kontrol orang lain.

Susilawati (dalam Rahmayani, 2019) menjelaskan mandiri ditandai dengan punya rasa tanggung jawab dalam mengambil berbagai keputusan.

Baca Juga: Oleh-oleh HGN 2022, Belajar Budaya Kalemboade dari Orang NTB

Investor adalah manusia kelas tinggi ditandai dengan kemandirian, tanggung jawab, mampu menganalisis dan memecahkan masalah. 

Mengajari siswa menjadi investor saham adalah cara berpikir loncat, agar tidak bertele-tele mengajari siswa jadi manusia-manusia berkelas tinggi. 

Halaman:

Editor: Master Toto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rahasia Sukses Guru Gembul, Menarik Untuk Dibaca...

Sabtu, 11 Februari 2023 | 13:48 WIB

Setelah Covid 19 Lahir Anak-Anak Mandiri...

Sabtu, 11 Februari 2023 | 07:37 WIB

Kain Ulos Lambang Persahabatan Workernas AKSI 2023

Rabu, 18 Januari 2023 | 19:44 WIB

Duta Lingkungan Hidup di Masjid Raya Al Jabar...

Sabtu, 31 Desember 2022 | 10:06 WIB