• Selasa, 28 Juni 2022

Refleksi Program Shalat Dhuha 12 Rakaat, Dhuha Menjadi Pengalaman Rasa Para Wanita

- Kamis, 19 Mei 2022 | 06:10 WIB
Refleksi Shalat Dhuha 12 Rakaat Bersama Murid -Murid Wanita (GoraJuara.com/dok AKSI)
Refleksi Shalat Dhuha 12 Rakaat Bersama Murid -Murid Wanita (GoraJuara.com/dok AKSI)

GORAJUARA - Bismillah. Ketika siswi-siswi meminta tanda tangan untuk tanda kelulusan sementara, momen itu dijadikan kesempatan untuk refleksi program shalat dhuha 12 rakaat.

Menjelang lulus SMA, usia mereka 17 tahun ke atas. Sudah masanya mereka punya karakter disiplin dalam menjalankan ibadah sesuai keyakinan. 

Disiplin shalat dhuha 12 rakaat adalah ibadah tambahan dalam ajaran Islam selain lima waktu. Ritual shalat dhuha 12 rakaat menjadi bagian dari implementasi nilai profil pelajar pancasila.

Program shalat dhuha 12 rakaat bukan sekedar ritual. Di dalam program dhuha 12 rakaat ada tiga prinsip dikerjakan murid yaitu olah raga, olah pikir, dan olah rasa.

Baca Juga: PPDB Merdeka Belajar, Tidak Ada Lagi Perengkingan Sekolah

Olah raga tercermin dalam gerakan berdiri, ruku, dan sujud. Olah pikir terkandung dalam doa-doa yang dilantunkan dalam shalat. Olah rasa mereflleksi pengalaman rasa setelah dhuha.

Ketika ditanya apakah sekarang mereka sudah disiplin melaksanakan shalat. Murid-murid merasakan sikap disiplin shalat menjadi bagian yang tidak bisa ditinggalkan. 

Shalat lima waktu dan dhuha menjadi gerak rutin keseharian yang tidak bisa ditinggalkan. Gerak shalat menjadi gerak keseharian yang menjadi kebiasaan dan menjadi prilaku.

Baca Juga: Telah Membaca 200.000 Buku, Berapa Tahun Kira-kira Bisa Membaca Sebanyak Itu

Halaman:

Editor: Master Toto

Tags

Artikel Terkait

Terkini