• Selasa, 28 Juni 2022

Contoh Asesmen Diagnosis, Keyra Veyron Ayemi Bocah Cerdas Anak Kelas Tiga SD.

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 17:21 WIB
KeyraBocah Cerdas Kelas Tiga MI (GoraJuara.com/dok AKSI)
KeyraBocah Cerdas Kelas Tiga MI (GoraJuara.com/dok AKSI)

GORAJUARA - Bismillah. Keyra Veyron Ayemi bocah kelas tiga Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sarijadi Bandung ini kebilang cerdas. Tingkah lakukanya memperlihatkan gerakan-gerakan dinamis bahwa dia punya potensi besar. Saya coba lakukan asesmen diagnosis

Anak ini tidak diam tapi terkendali. Berlari mengelilingi seluruh pekarangan. Sesekali dia meninju samsak yang tergantung, kemudian menendangnya berkali-kali. Lalu dia loncat bergelantung menyatu dengan samsak.

Baca Juga: Mudik Sambil Diskusi Seru... Bertemu Sahabat Pengawas Dinas Pendidikan Cianjur

Sambil asyik menulis, hati saya memperhatikan seluruh tingkah lakunya. Lalu saya coba ajak komunikasi, dan benar dia merespon sesuai pertanyaan, dan sorot matanya berbinar memerhatikan yang bertanya.

Saya tanya dia, "hobi kamu apa nak?" Keyra menjawab, "hobiku olah raga main basket, hanya di sekolah tidak ada lapang basket. Tapi aku suka main basket di gang, meminjam bola basket dari tetangga". 

Baca Juga: Semua Orang Bisa Jadi Penghafal Al Quran, Tak Perlu Bayar Mahal, Perhatikan Begini Caranya

Lalu saya tanya kembali, "apakah kamu suka baca buku nak?" Keyra kembali menjawab, "Aku suka membaca buku tapi di rumah tidak punya buku". 

Lalu saya menyarankan, "jika tidak punya buku di rumah, bisa pinjam buku di perpustakaan. Bilang saja sama guru, mau pinjam buku untuk dibaca di rumah nanti dikembalikan setelah selesai membaca".

Lalu Keyra, mengkonfirmasi saran saya, "apakah buku di sekolah bisa dipinjam?" Jawab saya, "tentu bisa, tinggal bilang saja sama guru". 

Halaman:

Editor: Master Toto

Tags

Artikel Terkait

Terkini